RESENSI BUKU PSIKOLOGI BERMAIN ANAK USIA DINI
IDENTITAS BUKU
Judul Buku
: Psikologi Bermain Anak Usia Dini
Pengarang Buku : Diana Mutiah
Penerbit Buku : Kencana Prenada Media Group
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2010
Tebal Buku : xii + 190 halaman
ISBN : 978-602-8730-10-5
Pengarang Buku : Diana Mutiah
Penerbit Buku : Kencana Prenada Media Group
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2010
Tebal Buku : xii + 190 halaman
ISBN : 978-602-8730-10-5
SINOPSIS
Kata psikologi berasal dari
bahasa Yunani, yaitu psyche yang berarti
roh atau napas dan logos yang berarti
ilmu atau pelajaran. Sehingga dengan demikian psikologi adalah ilmu pengetahuan
yang mempelajari tingkah laku manusia melalui studi organisme dalam segala
variasi dan kompleksitasnya untuk bereaksi terhadap perubahan yang terjadi di
lingkungannya.
Berdasarkan pengertian tersebut,
maka psikologi pendidikan anak usia dini adalah suatu cabang ilmu psikologi
pendidikan yang mempelajari tentang berbagai perilaku anak usia dini baik
secara overt (nyata) maupun covert untuk dipelajari. Adapun teori-teori
pendidikan dan perkembangan anak usia dini yaitu Konsep Unitas Multipleks
(William Stern), Teori Kecerdasan, Teori Perkembangan Otak, Teori Psikososial,
Teori Perkembangan Kreativitas, Teori Ekologi, Teori Perkembangan Kognitif,
Teori Pendekatan Konstruktivitas Sosial.
Istilah pertumbuhan sering kali
disandingkan dengan istilah perkembangan, mengapa? Keduanya memiliki
keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Pertumbuhan merupakan
proses perubahan yang terjadi secara kuantitatif, mencakup pertambahan
struktur, organ, sel-sel maupun pertambahan berat badan. Sedangkan perkembangan
merupakan konsep yang memiliki perubahan yang bersifat kuantitatif dan
kualitatif yang menyangkut aspek mental/psikologis.
Peran aktif orang tua terhadap
perkembangan anak-anaknya sangat diperlukan terutama pada saat mereka masih
berada di bawah usia lima tahun. Peran aktif orang tua tersebut, merupakan
usaha secara langsung terhadap anak dan peran lain yang penting dalam
menciptakan lingkungan rumah sebagai lingkungan sosial yang pertama dijumpai
anak.
Bermain merupakan kegiatan yang
sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Bermain harus dilakukan
dengan rasa senang, sehingga semua kegiatan bermain menyenangkan dan
menghasilkan proses belajar pada anak. Permainan sebagai sarana untuk mengukur
kemampuan dan potensi diri anak. Terdapat beberapa macam jenis permainan yaitu
main peran yang disebut juga main simbolis, main pembangunan disebut juga
mengembangkan.
Model pembelajaran adalah suatu
rancangan yang menggambarkan proses perincian dan penciptaan situasi lingkungan
yang memungkinkan anak berinteraksi dengan pembelajaran. Terdapat beberapa
model pembelajaran antara lain sudut, kelompok, area, dan sentra. Bermain berpengaruh
dalam periode perkembangan diri anak (dunia fisik, sosial,dan komunikasi). Ragam
permainan bagi anak usia dini terdiri dari permainan angka, permainan dengan
huruf, permainan kreatif, serta bermain melalui gerak dan lagu.
KELEBIHAN BUKU
Buku ini memberikan informasi yang menarik dan
semangat pada pembaca tentang psikologi bermain anak usia dini. Buku ini
ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Cover buku ini juga sangat menarik
dengan foto anak kecil.
KEKURANGAN BUKU
Ilustrasi
pada buku ini masih kurang dan untuk ilustrasi yang sudah disajikan masih
berwarna hitam putih sehingga akan membuat pembaca akan merasa jenuh dalam
membaca.
Komentar
Posting Komentar