RESENSI BUKU MODEL KONSELING ANAK USIA DINI
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Model Konseling Anak Usia Dini
Pengarang Buku : Dr. Rita Eka Izzaty, M.Si.
Dr. Budi Astuti, M.Si.
Nur Cholimah, M.Pd.
Penerbit Buku : PT Remaja Rosdakarya
Kota Terbit : Bandung
Tahun Terbit : 2017
Tebal Buku : ix + 225 halaman
ISBN : 978-602-446-054-9
SINOPSIS
Bimbingan dan Konseling adalah
upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dengan menciptakan lingkungan
perkembangan yang kondusif, dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan,
agar peserta didik dapat memahami dirinya sehingga sanggup mengarahkan diri dan
dapat bertindak secara wajar. Secara umum, pelaksanaan dalam bimbingan
konseling yang perlu dilakukan oleh konselor jenjang taman kanak-kanak
membutuhkan alokasi waktu yang lebih besar dibandingkan dengan yang dibutuhkan
oleh peserta didik pada jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan konselor di jenjang
Taman kanak-kanak dalam komponen responsive
services, dilaksanakan terutama untuk memberikan layanan konsultasi kepada
pendidik dan orang tua dalam mengatasi perilaku-perilaku yang mengganggu (disruptive) anak Taman kanak-kanak.
Faktor yang memengaruhi konselor
pada anak usia dini adalah usia, latar belakang kehidupan anak, serta
keterbukaan dan kerjasama dari orang tua dalam memberikan informasi. Media dan
aktivitas yang dapat digunakan dalam konseling anak adalah buku cerita, tanah
lempung, konstruksi (balok), menggambar, melukis dengan jari, permainan,
melukis/menempel, dan masih banyak lagi.
Dua model konseling untuk anak
usia dini: (a) model bimbingan dan konseling terpadu, terencana, dan bertahap
untuk anak (Sequentially Planned
Integrative Counseling for Children-SPICC), dan (b) model integratif dari
bimbingan dan konseling berdasarkan petualangan dan terapi bermain Adlerian (An Integratif Model of Adventure-Based
Counselling-ABC and Adlerian Play Therapy-APT).
Modal umum menjadi konselor anak
usia dini ialah memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konseling untuk anak
meliputi metode pendekatan, pencapaian tujuan. Modal khusus berupa pemahaman
mendalam tentang dunia anak usia dini, sikap-sikap yang perlu diperhatikan
dalam melaksanakan bimbingan dan konseling. Selain modal-modal tersebut,
konselor anak usia dini juga perlu memiliki keterampilan khusus yaitu
pendekatan dengan anak, keterampilan mengamati, mendengar secara aktif,
memahami, berbagai isu, memfasilitasi anak, dan mengakhiri dengan kesimpulan.
KELEBIHAN BUKU
Buku ini memberikan informasi yang menarik dan
semangat pada pembaca tentang memberikan konseling pada anak usia dini. Buku
ini disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Cover buku ini cukup
menarik dengan gambar animasi anak-anak.
KEKURANGAN BUKU
Ilustrasi pada buku ini masih kurang dan untuk
ilustrasi yang sudah disajikan masih berwarna hitam putih.
http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=8989&keywords=model+konseling+anak+usia+dini
Komentar
Posting Komentar