RESENSI BUKU MODEL KONSELING ANAK USIA DINI



IDENTITAS BUKU
Judul Buku           : Model Konseling Anak Usia Dini
Pengarang Buku   : Dr. Rita Eka Izzaty, M.Si.
                                Dr. Budi Astuti, M.Si.
                                Nur Cholimah, M.Pd.
Penerbit Buku      : PT Remaja Rosdakarya
Kota Terbit           : Bandung
Tahun Terbit         : 2017
Tebal Buku           : ix + 225 halaman
ISBN                    : 978-602-446-054-9



SINOPSIS
Bimbingan dan Konseling adalah upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dengan menciptakan lingkungan perkembangan yang kondusif, dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, agar peserta didik dapat memahami dirinya sehingga sanggup mengarahkan diri dan dapat bertindak secara wajar. Secara umum, pelaksanaan dalam bimbingan konseling yang perlu dilakukan oleh konselor jenjang taman kanak-kanak membutuhkan alokasi waktu yang lebih besar dibandingkan dengan yang dibutuhkan oleh peserta didik pada jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan konselor di jenjang Taman kanak-kanak dalam komponen responsive services, dilaksanakan terutama untuk memberikan layanan konsultasi kepada pendidik dan orang tua dalam mengatasi perilaku-perilaku yang mengganggu (disruptive) anak Taman kanak-kanak.
Faktor yang memengaruhi konselor pada anak usia dini adalah usia, latar belakang kehidupan anak, serta keterbukaan dan kerjasama dari orang tua dalam memberikan informasi. Media dan aktivitas yang dapat digunakan dalam konseling anak adalah buku cerita, tanah lempung, konstruksi (balok), menggambar, melukis dengan jari, permainan, melukis/menempel, dan masih banyak lagi.
Dua model konseling untuk anak usia dini: (a) model bimbingan dan konseling terpadu, terencana, dan bertahap untuk anak (Sequentially Planned Integrative Counseling for Children-SPICC), dan (b) model integratif dari bimbingan dan konseling berdasarkan petualangan dan terapi bermain Adlerian (An Integratif Model of Adventure-Based Counselling-ABC and Adlerian Play Therapy-APT).
Modal umum menjadi konselor anak usia dini ialah memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konseling untuk anak meliputi metode pendekatan, pencapaian tujuan. Modal khusus berupa pemahaman mendalam tentang dunia anak usia dini, sikap-sikap yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan bimbingan dan konseling. Selain modal-modal tersebut, konselor anak usia dini juga perlu memiliki keterampilan khusus yaitu pendekatan dengan anak, keterampilan mengamati, mendengar secara aktif, memahami, berbagai isu, memfasilitasi anak, dan mengakhiri dengan kesimpulan.

KELEBIHAN BUKU
Buku ini memberikan informasi yang menarik dan semangat pada pembaca tentang memberikan konseling pada anak usia dini. Buku ini disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Cover buku ini cukup menarik dengan gambar animasi anak-anak.

KEKURANGAN BUKU
Ilustrasi pada buku ini masih kurang dan untuk ilustrasi yang sudah disajikan masih berwarna hitam putih.




http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=8989&keywords=model+konseling+anak+usia+dini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU PSIKOLOGI BERMAIN ANAK USIA DINI

RESENSI BUKU HOW TO MIND MAP : MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS